Kebijakan dan Strategi Persampahan

Pengelolaan Sampah, sistem pengelolaan sampah, undang undang pengelolaan sampah, uu pengelolaan sampah, peraturan pengelolaan sampah, kebijakan pengelolaan sampah, tahapan pengelolaan sampah, pengelolaan sampah padat, pengelolaan bank sampah, pengelolaan sampah kota, pengelolaan sampah terpadu, pengelolaan sampah hotel, sap pengelolaan sampah, pengelolaan sampah domestik, pengelolaan sampah di negara maju, 5r dalam pengelolaan sampah, pp pengelolaan sampah, inovasi pengelolaan sampah, jurnal pengelolaan sampah, pengelolaan sampah di indonesia, sop pengelolaan sampah, skripsi pengelolaan sampah, manajemen pengelolaan sampah, tujuan pengelolaan sampah, pengelolaan sampah yang baik, materi pengelolaan sampah, pengelolaan sampah di jakarta, konsep pengelolaan sampah, perdes pengelolaan sampah, buku pengelolaan sampah, latar belakang pengelolaan sampah, teori pengelolaan sampah, dirjen pengelolaan sampah, sistem pengelolaan sampah di indonesia, pengelolaan sampah jakarta, sistem pengelolaan sampah di inggris, poster pengelolaan sampahDalam rangka penyehatan lingkungan permukiman yang berkelanjutan, perlu dilakukan pengembangan sistem pengelolaan persampahan yang ramah lingkungan. Permukiman yang sehat dengan lingkungan yang bersih sangat diperlukan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia sehingga masyarakat dapat menjadi lebih produktif;

Dalam upaya mewujudkan situasi dan kondisi permukiman sehat yang diinginkan sebagaimana dimaksud di atas, diperlukan rencana, program, dan pelaksanaan kegiatan yang terpadu, efisien, dan efektif. Untuk mewujudkan situasi dan kondisi yang diinginkan maka ditetapkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 21/PRT/M/2006 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Pengelolaan Persampahan.

Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan Sistem Pengelolaan Persampahan, yang selanjutnya disingkat KSNP-SPP merupakan pedoman untuk pengaturan, penyelenggaraan dan pengembangan sistem pengelolaan persampahan, baik bagi pemerintah pusat, maupun daerah, dunia usaha, swasta, dan masyarakat.

KSNP-SPP meliputi uraian tentang visi dan misi pengembanagn sistem pengelolaan persampahan; isu strategis, permasalahan dan tantangan, pengembangan SPP, tujuan /sasaran; serta kebijakan dan strategi nasional pengembangan sistem pengelolaan persampahan dengan rencana tindak yang diperlukan

KSNP-SPP digunakan sebagai pedoman untuk pengaturan, penyelenggaraan, dan pengembangan sistem pengelolaan persampahan yang ramah lingkungan, baik ditingkat pusat, maupun daerah sesuai dengan kondisi daerah setempat.
Peraturan Terkait

  1. Undang-Undang No. 4 Tahun 1992 tentang Perumahan dan Permukiman;
  2. Undang-Undang No. 24 Tahun 1992 tentang Penataan Ruang;
  3. Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Lingkungan Hidup;
  4. Undang-Undang No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung;
  5. Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;
  6. Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air;
  7. Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Nasional;
  8. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
  9. Undang-Undang No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah;
  10. Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 1997 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional;
  11. Peraturan Pemerintah No. 80 Tahun 1999 tentang Kawasan Siap Bangun dan Lingkungan Siap Bangun Berdiri Sendiri;
  12. Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2005 tentang Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum;
  13. Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum;
  14. Peraturan Presiden No. 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2005-2009;
  15. Peraturan Presiden No. 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia.